Membangun Karakter Mulia

astutiamudjono.wordpress.com | Senin, Oktober 16, 2023 |

Membangun Karakter Mulia

Oleh :Sri Sugiastuti

_"Tidaklah seorang anak itu dilahirkan melainkan dalam keadaan yang fitrah. Kedua orang tuanyalah yang menjadi anak itu Yahudi, Nasrani atau Majusi."                    (HR. Buchori: 4402)

Hadis populer ini sering menghiasi artikel parenting. Orangtua punya andil besar untuk membangun karakter anaknya. Yang paling utama pondasinya adalah mengenalkan AL-QURAN sejak dini pada anak, agar hatinya semakin lembut dan bisa diarahkan ke hal yang baik dan bermanfaat.

Agar bisa istikamah dan tujuan tercapai kita harus punya pedoman manejemen waktu.

Ada  5  ntime managementbyang harus diperhatikan oleh tiap personal. Ada _MeTime, Family Time, Couple Time, Social Time, Spiritual Time._ Intinya dari keseluruhan waktu yang kita punyai sebanyak 24 jam bagaimana diolah agar bernilai ibadah. Pembagiannya seperti apa, tentu setiap individu berbeda. Yang penting pergunakan waktumu sebaik mungkin dan bermanfaat untuk sesama. 

Menurut Rasulullah , Ada 4 JENIS PENDIDIKAN YANG BERDASARKAN USIA ANAK:ketika 

Usia 0-7 tahun maka perlakukan anak seperti raja, Pada Usia 7-14 tahun, didiklah anak dengan disiplin yang keras. Di Usia 14-21 tahun, Jadilah teman terbaiknya (Best Friend buat anak)Dan ketika mereka berusia 21 tahun ke atas: Berilah kepercayaan untuknya.

Didik anak-anakmu sesuai dengan usianya/masanya. Bagaimana agar mereka sukses dunia dan akhirat. Dan ingatlah bahwa sukses itu harus direncanakan. Tak bisa dipungkiri bahw segala yang baik itu biasanya mahal harganya.

Ada 2 syarat menuju sukses:

1. _Jangan Pernah jauh dari Allah swt dan rajinlah ke masjid._ Allah zat yang menggenggam semesta raya. Allah Saja, Allah Lagi, Allah Terus (Yakin). 

2. _Turuti kata orang tua, jangan pernah berani membantah orang tua._

(Qs. Al-Isra': 24)

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.”


Ketika kita berdoa dengan penuh keyakinan. Maka ketika Berdoa sertakan selalu: bershalawat, memohon ampunan pada Allah dan selalu mendoakan  Orangtua. Jangan tinggalkan mengamalkan doa sapu jagad. 

Sebagai orangtua di zaman now juga harus memahami bahwa saat ini kita berada dalam era Industrial 4.0 dengan  Generasi Z yang ditandai dengan:DIGITAL zaman yang tak ada toleransinya, system yang berjalan. AUTOMATIC

Dimana ada pengganti SDM dengan Mesin jangan heran bila tes wawancara pun bisa dengan online sudah terwakilkan. ROBOTIC, semua bisa diatur serba robot tenaga manusia berkurang tak kala pekerjaan itu bisa digantikan. VIRTUAL, dalam hitungan detik cepat sekali menyebar. ( jaga lah jarimu)

Sehingga kita sebagai orang tua bisa memahami perkembangan anak kita dan berperanan penting dalam pembentukan karakternya menjadi manusia yang bisa bertanggungjawab dengan dirinya, keputusannya dan masa depannya. 

Apakah kita harus pesimis dan khawatir dengan kondisi saat ini? Oh tidak. Sebagai orangtua kita: Jangan pernah takut miskin, karena rezeki kita sudah dijamin Allah swt. Ingatlah bahwa sukses itu direncanakan perlu dibangun. Kita berhak untuk sukses. Salah satu cara dengan memuliakan tamu. Jadi bila ada tamu wajib dimuliakan. 

Saat ini sudah masuk Era Industrial 4.0, sebagai  Muslim itu kuat dan hebat, jangan takut dengan apapun selain pada Allah. Bangun komunitas yang sehat dan mencerdaskan. agar menjadi umat Islam yang kaffah.

Orangtua harus menggunakan smartphone dengan smart (cerdas) sesuai dengan fungsinya. Kita harus rajin.  Jangan jadikan kemalasan sebagai alasan untuk melakukan suatu aktivitas. Karena MANUSIA YANG MALAS, PASTI AKAN TERTINGGAL."kalimat itu harus dipahami buah hati kita. 

Anak sebagai amanah  harus dididik  agar  kuat dan tangguh, demi masa depan yang cerah. Orangtua rela berpayah agar dunia ini berada dalam genggaman anak-anak yang sholeh dan sholehah.

_Berbagi itu indah_

Februari Ceria Hari ke 14

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...