Merenda Larik Motivasi Sepanjang Masa

astutiamudjono.wordpress.com | Kamis, Februari 16, 2023 |
Merenda Larik Motivasi Sepanjang Masa

Oleh : Sri Sugiastuti 

Sudah mencermati judul tulisan yang dibuat Bu Kanjeng? Apakah judul itu bisa mewakili isi buku yang ditulis oleh penulisnya?

Apa yang ditulis Bu Kanjeng untuk memberikan Kata Pengantar pada buku ini? Yang Bu Kanjeng pahami dari buku ini adalah  untaian kalimat indah yang ditulis secara Istikamah oleh penulisnya. Menurut Bu Kanjeng tulisan ini yang siap menjadi buku adalah salah satu proses kreatif menulis dari seorang yang mencintai dunia literasi. 

Dalam benak Bu Kanjeng rangkaian aksara bermakna yang muncul tiap hari, baik di grup sekolah,  grup keluarga atau di akun medsos yang dimiliki penulis menjadi motivasi istimewa dan selalu ditunggu kehadirannya.

Hidup berdampingan terasa aman
Keceriaan dialami saling mengisi
Himbauan alam dijaga lestarikan
Kasih-Nya tulus segalanya diberi
RTG 08 2 2022, ETWAR

ETWAR adalah akronim dari Etik Warut sang penulis. Berusaha bermain aksara sesuai dengan yang diinginkan.  Dia tidak mengikuti aturan menulis pantun, puisi  atau bentuk fiksi lainnya. Maka Bu Kanjeng mencoba memahaminya sebagai Larik Motivasi yang menyemangati dan membuat pembacanya selalu berpikir positif.

Sebuah motivasi apapun bentuknya selalu dibutuhkan untuk menguatkan jiwa raga agar selalu bersemangat dan berpikiran positif. Salah seorang guru  yang juga pegiat Literasi telah mengkurasi setiap Larik Motivasi yang dibuat setiap hari.

Tujuan dari hadirnya tiap motivasi di medsos, maupun di grup keluarga berhasil mewarnai kehidupannya. Larik-Larik motivasi di dalam buku ini siap mengubah mindset pembaca agar memulai satu kegiatan di pagi hari dengan penuh semangat. 

Bacalah buku ini. Mulai lah memandang dunia dengan perasaan bahagia dan bersyukur atas apa yang sudah ada di depan mata.

Perlu diingat bahwa keterampilan menulis bukanlah bakat terpendam seseorang, tetapi menulis adalah keterampilan atau skill yang harus dilatih terus menerus. Tanpa dilatih ide yang sering muncul jadi sia-sia tanpa ditorehkan dalam tulisan semua akan  sirna. Terutama bagi penulis pemula yang sering kebingungan dalam memulai menulis.

Penulis hebat lahir dari penulis pemula yang terus berusaha berkarya, yang tidak putus asa dalam menghadapi hambatan-hambatan dalam menulis dan selalu semangat dalam menjalani tantangan menulis yang ditawarkan. 

Semangat menebar virus Literasi menulis untuk membangun negeri.

Surakarta Hadiningrat, 17 02 2023
#Februari Ceria 17
#Pegiat literasi Nusantara 

11 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...