Pentingnya Gerakan Literasi

astutiamudjono.wordpress.com | Kamis, Oktober 05, 2023 |

PENTINGNYA GERAKAN LITERASI SEKOLAH

"Literasi adalah jembatan dari kesengsaraan menuju harapan. Ini adalah alat untuk kehidupan sehari-hari dalam masyarakat modern." 
– Kofi Annan -

Alhamdulillah, telah hadir satu buku dari tangan seorang Penulis Pemula yang memiliki best practice dalam berliterasi. Sebagai seorang guru memang sangat erat hubungannya dengan Literasi. Pendidik, siswa dan masyarakat serentak menggaungkan semangat literasi.

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah digulirkan mulai Maret 2016 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud dengan melakukan sosialisasi dan koordinasi ke semua Dinas Pendidikan Provinsi dan/atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten.

Buku ini bagian dari cara Penulis berpraktik Literasi dengan mengabadikan berbagai artikel yang berserak. Bagaimana dari kegiatan yang berupa metode pembelajaran hingga kisah penuh hikmah di saat Pandemi bisa menjadi jejak Literasi Penulis.

Ada 20 subjudul yang dikemas secara apik oleh penulisnya. Semua itu proses terbaiknya saat mengikuti dua kegiatan Literasi secara daring di saat Pandemi dan juga tulisan yang berupa pantun dan fiksi.Kegiatan tersebut ada di Grup Belajar Menulis PGRI dan Grup Guru Dahsyat Nusantara. 

Saya ucapkan selamat atas hadirnya buku ini. Sejatinya menulis adalah keterampilan tertinggi dalam berbahasa.  Satu keterampilan yang harus dilatih dan dipraktikkan secara terus menerus. Seperti yang dinyatakan oleh Suyitno, menulis dapat diartikan sebagai upaya menuangkan pikiran, ilmu, ide gagasan dan pengalaman hidup dari si penulis dalam bahasa tulis. "Nah, agar tulisan tersebut mudah dipahami dan mampu membangkitkan emosi, maka penulis harus menulis secara runtut, enak dibaca, ekspresif, dan mudah dipahami oleh orang lain."

Semoga buku ini takdirnya baik dan bermanfaat bagi pembacanya. Salam Literasi

Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd.
Founder PMA Literasi Istikamah 
Pegiat Literasi Nusantara
Motivator dan Penulis Buku.

Februari ceria 20 Februari 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...