Blog dan Dunia Pendidikan

astutiamudjono.wordpress.com | Kamis, Oktober 05, 2023 |
Blog dan Dunia Pendidikan

Oleh: Sri Sugiastuti.

"Murid yang dipersenjatai dengan informasi akan senantiasa memenangkan pertempuran”
-Meladee McCarty-

Blog adalah sebuah website yang memuat tulisan atau opini-opini, informasi dan juga pengetahuan, baik dalam bentuk atikel, gambar, maupun video. Blog dikelola oleh seseorang yang disebut sebagai blogger. Blog dapat digunakan secara pribadi atau blog personal maupun blog bisnis atau perusahaan. Blog memiliki banyak peminat, berdasarkan survey yang pernah dilakukan, 77 persen pengguna internet itu membaca Blog.  

Saat dunia pendidikan bergerak ke arah era digital tentu saja harus siap menghadapi dunia global, maka keberadaan Blog ikut mewarnai dunia pendidikan. Khususnya untuk media pembelajaran baik di tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Hadirnya sebuah Blog tidak hanya sekadar memposting artikel dan tulisan lainnya. Blog merupakan salah satu media alternatif untuk meningkatkan mutu  pendidikan. Melalui blog, guru maupun dosen dapat berbagi informasi dan materi pembelajaran dengan lebih menarik. Selain materi ajar, guru dan dosen pun bisa mengunggah soal-soal ujian, tugas-tugas mahasiswa, dan lain sebagainya.

Penggunaan blog dalam proses pembelajaran tentunya memiliki banyak manfaat dan keuntungan, baik bagi siswa, guru, dosen dan pendidik lainnya. Mereka dapat belajar di mana pun dan kapan pun tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Ini tentu saja hal ini jauh lebih menyenangkan daripada sekadar duduk di kelas dan mendengarkan guru atau pun dosen berceramah panjang lebar.

Ada 7 manfaat Blog untuk  dunia Pendidikan
 
1. Media belajar menulis.
Keterampilan menulis dapat dipraktikkan dengan mengunggah tulisan, pengetahuan atau informasi yang dibutuhkan di Blog pribadi atau Blog keroyokan, seperti gurusiana, kompasiana dan  Republika.Bagi yang suka menulis, Blog sangat cocok untuk mengembangkan keterampilan menulisnya. Blog bisa dirawat dan diisi secara rutin. Semakin sering menulis di Blog maka tulisan pun akan menjadi lebih berkualitas.

2. Ajang berbagi informasi
Saat guru atau pendidik memaksimalkan pemanfaatan Blog, maka guru bisa berbagi pengetahuan dan informasi dengan menulis di Blog. Memberikan informasi,  memberikan tugas sekaligus meminta siswa berpikir kritis dengan memahami materi yang diberikan di Blog sang guru.

3. Menambah komunitas, teman dan jaringan.
Blog yang dikembangkan dari waktu ke waktu maka seorang guru yang mengembangkan Blognya. Ia akan memiliki banyak jaringan, wawasannya semakin luas, dan silahturahmi pun lancar.

4.Mengajarkan siswa berpikir kritis  dan sadar sukses.
Manfaat blog yang lain adalah mendidik siswa berpikir kritis  dengan memanfaatkan Blog Secara maksimal. Karena seorang Blogger memiliki banyak peluang meraih cuan bila tulisannya di Blog berisi informasi yang banyak dibutuhkan orang. Pengiklan pun akan masuk menyatu di blognya.

5.Rajin menulis di Blog akan mendapat rezeki
Rezeki tidak selalu berupa uang. Seorang blogger bila istikamah menulis, ia berkesempatan diminta untuk mereview beberapa produk dan mendapatkan imbalan yang lumayan. Biasanya sesuai dengan apa yang ditawarkan dan disepakati. Bisa berupa hotel, Rumah makan, layanan publik dan juga pendidikan.

6.Blog untuk ajang berdakwah. 
Seorang blogger bisa menjadikan Blognya sebagai media dakwah bila dikelola dengan benar. Blog yang berisikan motivasi, siraman rohani, atau informasi yang bermanfaat buat pembaca. Tulisan di blognya banyak dikunjungi yang arti ia telah bersedekah ilmu juga berdakwah lewat tulisan di blognya.

7. Blog bisa berfungsi sebagai tempat mengabadikan tulisan.
Menulis di blog selain merupakan satu hobi yang bisa mendatangkan uang juga bisa untuk sarana menyimpan tulisan. Ketika kita ingin membuat sebuah buku, bisa kita simpan di blog terlebih dahulu.  Agar semua catatan atau ide yang akan kita tulis tersimpan rapi di blog. Saat kita butuhkan maka tinggal diundur lalu dipoles dengan menambahkan beberapa referensi juga ide- ide lain yang saat itu belum muncul, bisa digunakan untuk melengkapi isi buku.

Dengan memanfaatkan keberadaan Blog lalu digunakan secara optimal, khususnya di dunia pendidikan maka blog dapat dikatakan bisa membantu guru juga siswa untuk meraih cit- cintanya. Guru pun semakin profesional dengan memiliki berbagai macam media pembelajaran yang bisa digunakan untuk menstransfer ilmu yang dimiliki.

Surakarta Hadiningrat 04 Februari 2023
#tantanganmenulisfebruariceria
#temapendidikan
#belajatdariblog







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...