Bahagia Itu Milik Kita

astutiamudjono.wordpress.com | Rabu, November 15, 2023 |
Hampir semua manusia yang normal mendambakan hidup bahgia lahir dan batin, dan itu manusiawi sekali. My beloved friend, jangan pernah meratapi nasib dan menyesali hidup ini. Mau bahagia atau tidak yang bisa menenejnya kita sendiri

Ini ada sembilan tips yang bisa diaplikasikan bila ingin bahagia. Jangan percaya begitu saja sebelum anda mencobanya (walah kayak iklan kecap aja nich…). Yaa… paling tidak bisa ditangkap oleh mata hati dan boleh dicoba yaa. 

1. Lawan rasa takut dan khawatir. Ingat setan ada untuk menggoda dan memberi rasa was was, takut lapar, takut miskin, takut terhina. Dengan berbagai pikiran “Wah gimana yaa kalau nanti saya….?, Wah gimana yaa kalau tidak bisa ….?” Pikiran itu sangat tidak produktif jadi harus dibuang jauh jauh. 

2. Jangan menyimpan dendam. Itu penyakit yang bisa menggerogoti mental dan fisik kita.Energi jangan digunakan untuk membalas dendam atu memikirkan hal hal buruk untuk menjatuhkan lawan atau orang yang menzolimi kita.Energi lebih baik digunakan untuk hal hal yang positif. 

3. Fokus pada satu masalah. Pikiran yang bercabang-cabang, banyak maunya, berandai andai. Bakalan merusak pikiran. Yang ada semakin stress.Kalau masalahnya banyak. Buat skala prioritas. Ambil yang paling penting untuk diselesaikan lebih dulu. Setelah selesai baru ngurusin yang lain. 

 4. Ketika tidur, refresing atau istirahat, sediakan kotak khusus supaya tidak mengganggu refresing,tidur ataupun waktu istirahat kita. Karena masalah adalah hal yang sangat buruk untuk kesehatan. Pikiran bawah sadar akan merusak tidur kita, dan membuat kita gelisah dan tidur tidak nyenyak. 

5. Hindari ikut campur urusan orang lain dalam porsi yang besar. Membantu orang lain yang sedang dalam masalah adalah hal yang mulia, tetapi jika Kita mengambil porsi terbesar untuk menyelesaikan masalah orang lain tersebut justru itulah kesalahan terbesar. Biarkanlah orang tersebut yang menyelesaikan masalahnya sendiri dengan porsi terbesar 

6. Jangan hidup di masa lalu. Jangan terjebak dengan kesalahan,atau kejayaan di masa lalu. Yang kita butuhkan adalah berkonsentrasi dengan apa yang terjadi saat ini, karena kita pun bisa merasakan banyak kebahagiaan di saat ini. Yakinlah Kita akan mempunyai perasaan yang jauh lebih berbahagia jika Kita merayakan apa yang terjadi saat ini dibanding dengan mengingat-ingat kebahagiaan di masa lalu. 

 7. Jadilah Pendengar yang Baik. Mungkin sebagian besar orang termasuk kita susah untuk menjadi pendengar yang baik. Justru sebaliknya Kita mengharapkan orang lain yang mendengarkan omongan Kita, tetapi sebetulnya dengan belajar mendengarkan orang lain, Kita akan mendapatkan banyak hal baru yang dapat sangat berguna bagi kebahagiaan hidup Kita. 

 8. Jangan menyerah alias frustasi. Maju terus, ambillah sikap positif dan membangun diri secara konsisten.Ingat kegagalan adalah guru yang paling baik. 

 9. Bersabarlah dan iringi rasa sabar itu dengan nikmat syukur. Bersyukur dan berterimakasihlah atas semua yang Kita dapatkan, bukan hanya hal yang positif saja tetapi juga hal yang negatif, karena Kita percaya dibalik setiap hal yang negatif tersebut ada hal baik yang bisa kita pelajari. 

Gimana anda berani mencobanya.? Dijamin dampaknya akan anda rasakan sendiri. Jadi jangan biarkan hidup anda tidak bahagia. Suatu ajakan yang positif buat siapapun yang ingin bahagia.

12 komentar:

  1. Perlu belajar nomer lima.

    Mr Nuel

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Kembali kasih Om Jay. Fotonya jadul ya waktu masih langsing? atau pengaruh jas hitam?

      Hapus
  3. Mr. Nuel no 5 memang sensi ditolong salah ngga ditolong juga salah hehehe

    BalasHapus
  4. ahirnya sampai juga di blog bunda nih ... damai di sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga bisa berbagi. Mungkin ada yang bisa digunakan untuk menemukan ide-ide dalam menulis. Silahkan saja singgah lagi ya

      Hapus
  5. Wah, se7 dengan tips diatas, kecuali yang poin (5) nih yang rada-rada susah menerapkannya. Lho koq? Iya, bunda selalu ingin membantu seseorang yang butuh itu 100%. Dalam pikiran bunda, kenapa harus tanggung-tanggung kita membantunya, kalo mau bantu ya bantulah hingga tuntas. Salah ya, prinsip seperti itu. Insya Allah akan bunda coba menerapkan tip no.5 ini sebaik mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Bunda Yati Rachmat. Saya juga kadang dilema.. disisi lain ingin membantu sampai tuntas di sisi lain itu bukan urusan kita kecuali memang dimintai tolong dan sangat membutuhkan campur tangan kita ya. terima kasih sudah singgah.

      Hapus
  6. Terima kasih tipsnya, Bunda... Masih belajar nih.. :)

    BalasHapus
  7. Mba @Delya.. terima kasih sudah singga semoga bermanfaat

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...